Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024, Dishub Ciamis ini Hasil Kerja Keras Bersama

 

Ciamis, Jabar — PW.Pada tahun 2023, tepatnya tanggal 25 Agustus 2023, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan penilaian bidang perhubungan melalui penganugerahan Wahana Tata Nugraha (WTN) terhadap kabupaten, kota, dan provinsi berdasarkan kinerja bidang perhubungan.

Dari 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia, terdapat 102 kabupaten dan kota yang ikut serta dalam penilaian WTN.

Penilaian Wahana Tata Nugraha ini dilaksanakan secara bertahap, yaitu pada tahun 2023, yang meliputi pengusulan calon peserta, penilaian administrasi, dan survei lokasi.

Penilaian tersebut berlanjut pada tahun 2024 dengan tahap penilaian hasil survei, aspek teknis dan operasional, serta komitmen kepala daerah dalam upaya pengembangan transportasi perkotaan melalui paparan kepala daerah., ungkap Kepada Dinas Perhubungan Dadang Mulyatna kepada sejumlah awak media saat di wawancarai, Sabtu (7/9/2024).

Menurut Dadang, Penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan objek penilaian meliputi:

1. Bidang lalu lintas, terdiri atas:
– Ruas jalan,
– Perlengkapan jalan,
– Fasilitas pejalan kaki, dan
– Penataan fasilitas parkir.

2. Bidang angkutan, terdiri atas:
– Pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek,
– Pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

3. Bidang sarana transportasi darat, terdiri atas:
– Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor,
– Kendaraan bermotor umum.

4. Bidang prasarana transportasi darat, terdiri atas:
– Terminal angkutan umum,
– Halte,
– Fasilitas perpindahan moda dalam rangka integrasi pelayanan intra dan antar moda.

5. Bidang umum, terdiri atas:
– Inovasi dan program unggulan daerah di bidang transportasi berkelanjutan,
– Alokasi anggaran untuk transportasi,
– Kelembagaan dan sumber daya manusia di bidang transportasi,
– Penyediaan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas,
– Tertib masyarakat dalam bidang lalu lintas.

Lanjut Dadang menjelaskan, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis telah berupaya memenuhi semua instrumen dan tahapan penilaian WTN. Berdasarkan hasil penilaian tim Kementerian Perhubungan, Kabupaten Ciamis pada tahun 2024 dinobatkan sebagai salah satu kabupaten yang meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) karena dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan. Hal ini menciptakan sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, selamat, aman, dan berkelanjutan.

Menurut Kadishub Ciamis, bahwa Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 bukanlah tujuan utama, namun yang terpenting adalah kinerja pelayanan bidang perhubungan kepada masyarakat.

Semoga penghargaan ini menjadi motivasi dan semangat bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis untuk terus memberikan pelayanan yang optimal, sekaligus sebagai bentuk dedikasi kepada masyarakat dalam sektor perhubungan.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pencapaian penghargaan WTN tahun 2024,” ungkapnya.

Kata Dia, hal ini berkat kontribusi semua pihak, terutama arahan dan bimbingan Bapak Bupati Ciamis, serta kerja sama yang sinergis antara Dinas Perhubungan, Polres Ciamis, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, BAPPEDA, Dinas Kesehatan, lembaga, insan perhubungan, serta masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Ucapan terimakasih kepada seluruh pihak terkait, dan masyatakat Ciamis atas dorongan dan motovasi sehingga Kabupaten Ciamis dapat meraih prestasi WTN,” tandasnya.***

Jurnalis: FAI

Related posts